HeadlinePendidikan

UI Peringkat 292 Dunia

Beji | jurnaldepok.id
Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2018/2019 kembali merilis peringkat Universitas Indonesia (UI) level dunia. Hasilnya UI berhasil menduduki peringkat ke 292 dunia bersama dengan 2 Perguruan Tinggi lainnya yaitu National Yang-Ming University (Taipei) dan Beijing Normal University (Beijing). Hasil pemeringkatan ini menjadi bukti bahwa Pendidikan Tinggi di Indonesia telah direkognisi dunia dan mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya dari negara di Asia, Australia maupun Eropa.

Pemeringkatan QS World University Ranking kali ini dilakukan terhadap 1.233 Perguruan Tinggi di 151 negara di dunia yang dirilis pada Rabu (6/6) melalui situs https://www.topuniversities.com/university-rankings/world-university-rankings/2019

“UI berhasil mempertahankan posisinya menjadi universitas terbaik di Indonesia selama 7 tahun berturut-turut menurut hasil publikasi tahunan QS University Ranking,” ujar Rektor UI Muhammad Anis.

QS University Ranking merupakan pemeringkatan resmi yang dijadikan acuan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI untuk mengukur kualitas kelembagaan Perguruan Tinggi di Indonesia menuju World Class University.

Ia menjelaskan dari tahun ke tahun pihaknya berupaya membawa UI menjadi lokomotif pendidikan bangsa yang mampu bersaing dengan perguruan tinggi terbaik lainnya di dalam peta pendidikan dunia internasional. Salah satu upaya yang UI lakukan adalah dengan pemenuhan indikator yang digunakan oleh lembaga pemeringkatan bergengsi dunia ini. Pemeringkatan ini menegaskan kembali akan expertise UI sebagai universitas terbaik Bangsa pada bidang Sosial Humaniora, Kesehatan dan Sains Teknologi.

“Pada tahun 2018, kami akan gencar melakukan peningkatan kualitas serta kuantitas riset dan pengabdian masyarakat. Selain itu, kami ingin meningkatkan peran serta sivitas akademika UI di dalam menjawab permasalahan masyarakat melalui penelitian mutakhir dan inovatif,” jelasnya.

Pencapaian UI merupakan hasil kerja keras segenap sivitas akademika UI. Pada perhitungan yang dilakukan oleh tim QS, tahun ini UI mengalami peningkatan signifikan pada performa international faculty.

Indikator ini menunjukkan peningkatan jumlah dosen asing dan peneliti asing yang turut serta menjadi tenaga pendidik mahasiswa UI.

QS University Ranking menggunakan enam indikator performa dalam pemeringkatan yaitu Academic reputation (mengukur unsur akademik secara menyeluruh ; Employer reputation (mengidentifikasi performa dan kualitas lulusan universitas dimata para pimpinan perusahaan) Faculty/student (mengukur komponen yang menunjang keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi seperti jumlah tenaga pendidik berbanding dengan jumlah mahasiswa ; Citation per Faculty (mengukur jumlah kutipan (citation), jumlah publikasi ilmiah serta dampak penelitian yang dihasilkan para sivitas akademika perguruan tinggiterhadap masyarakat ; International Faculty (mengukur jumlah ekspatriat/tenaga pendidik asing di fakultas/perguruan tinggi), international student( mengukur jumlah mahasiswa asing di fakultas/perguruan tinggi).nNur Komalasari

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button