HeadlineWilayah

Sedih! Kali Krukut Cabang Barat Dikepung Sampah, Terlihat Kumuh dan Bau Tak Sedap

Limo | jurnaldepok.id
Keberadaan ratusan kubik sampah di atas bidang Kali Krukut Cabang Barat (KCB) menjadi sorotan banyak kalangan, pasalnya selain menghambat aliran air dan memicu terjadinya pendangkalan kawah kali, tumpukan sampah dekat dibawah tanggul air Grogol juga kerap menimbulkan bau tak sedap dan mengganggu kenyamanan warga sekitar dan para pengguna jalan.

Tak hanya itu, tumpukan sampah diatas bidang kali juga mengganggu kenyamanan aktivitas belajar mengajar di salah satu sekolah menengah pertama yang lokasi bangunan sekolah berada tidak jauh dari bantaran kali.

Syaifudin, salah satu pengguna jalan mengaku risih melihat banyaknya tumpukan sampah diatas bidang kali Krukut Cabang Barat terutama tumpukan sampah yang mengendap diatas bidang kali disisi ruas jalan Raya Grogol menuju arah Mampang.

“Bukan cuma kumuh, tapi sampah di bidang Kali itu sering menimbulkan bau busuk, tolong dong kepada Pemerintah agar memperhatikan masalah ini,” pinta Syaifudin.

Menyikapi hal ini, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Ramdani meminta kepada Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok untuk segera melakukan pengerukan tumpukan sampah agar aliran air kembali lancar.

“Untuk mengeruk tumpukan sampah di kawah kali dekat tanggul air itu memang harus menggunakan alat berat karena posisi kawah kali sangat dalam, oleh sebab itu kami berharap Bidang SDA PUPR dapat melakukan upaya pengerukan guna mengurangi volume sampah di atas bidang kali yang jumlahnya terus bertambah,” ujar Ramdani kepada Jurnal Depok, kemarin.

Dia menambahkan, sejauh ini pihaknya bersama warga terutama petani sering melaksanakan kerja bakti guna membersihkan tumpukan sampah di bagian hulu tanggul air serta saluran irigasi.

“Kalau di bagian hulu kali, kami bisa atasi dengan kegiatan gotong royong membersihkan sampah dengan peralatan seadanya, tapi kami tidak mungkin bisa membersihkan tumpukan sampah di bawah tanggul karena kawah kali sangat dalam dan untuk mengangkat sampah dari kawah kali harus pakai alat berat,” imbuhnya.

Disisi lain, Niman salah satu petugas kebersihan Kantor Kelurahan Grogol, menyesalkan minimnya kesadaran masyarakat menjaga kebersihan lingkungan termasuk kawasan wilayah seputar kali.

“Semua bermula dari kebiasaan buruk oknum masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan, termasuk kebiasaan membuang sampah di kali, hal ini yang menyebabkan lingkungan menjadi kumuh dan tidak sehat, harus ada tindakan tegas bagi para pembuang sampah sembarangan agar dapat menimbulkan efek jera,” pungkas Niman. n Asti Ediawan

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button