HeadlineSOSIAL

Puluhan Warga Dioperasi Katarak

Sawangan | jurnaldepok.id
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok menggelar operasi katarak secara gratis. Kegiatan itu dilakukan dalam rangka menyambut HUT RSUD ke 10 dan HUT Kota Depok yang ke 19 tahun.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dalam rangka bakti sosial dari lulusan kedokteran Yarsi dan pemberantasan buta katarak dari Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Jaya.

“Terimakasih kepada seluruh pihak atas terselenggaranya bakti sosial operasi katarak, ini bentuk kepedulian kami terhadap warga terlebih mereka yang kurang mampu,” ujar Asloe’ah Madjri, Direktur RSUD Kota Depok, kemarin.

Ia menambahkan, kegiatan operasi katarak secara rutin dilakukan setiap tahunnya. Hal itu dilakukan dalam rangkaian HUT RSUD ke 10 yang diperingati setiap 17 April dan HUT Kota Depok ke 19 pada 27 April nanti.

“Mudah-mudahan pasien yang telah dioperasi penglihatannya dapat normal dan sehat kembali. Di momen ini ada 33 pasien yang kami operasi,” paparnya.

Koordinator SPBK Perdami Jaya, Rita Polana mengungkapkan kekeruhan lensa jika operasi dan ganti lensa sesudah operasi akan lebih terang.

“Kami melakukan operasi dengan teknik phaco, harga aslinya Rp 6-10 juta, namun ini gratis. Hanya dibutuhkan waktu sebentar untuk melakukan operasi,” tandasnya.

Dokter spesialis mata RSUD Kota Depok, Lieska Meyrita, memberikan beberapa tips setelah menjalani operasi. Pihaknya juga membuka layanan pemeriksaan secara gratis satu hari pasca operasi dan satu minggu.

“Cara merawat mata pasca operasi seperti menjaga kebersihan luka, tidak mengangkat beban berat, jangan ada batuk, tidak boleh mengucek-ucek mata serta bagi orang yang memiliki diabetes melitus maupun darah tinggi dianjurkan tetap mengkonsumsi obat-obatannya,” ungkapnya.

Digelarnya operasi katarak secara gratis itu tak lain bertujuan untuk memberantas kebutaan yang disebabkan oleh katarak. Diharapkan, pada 2020 mendatang Indonesia bebas dari kebutaan yang disebabkan oleh penyakit katarak. n Rahmat Tarmuji

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button