BudayaHeadline

Terpilih Secara Aklamasi, KH Syamsul Yakin Nahkodai Ikatan Cendekiawan Betawi

Sawangan | jurnaldepok.id
KH Syamsul Yakin resmi terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Betawi (ICB). Syamsul dipilih oleh sekelompok cendekiawan Betawi, pada Rabu (24/04/24)

Pertemuan yang dimotori oleh Ketua Kelompok Orang-Orang Depok (KOOD), Ahmad Dahlan itu berlangsung sejak pagi hingga siang hari di sebuah restoran di kawasan Sawangan, Depok.

Hadir dalam perhelatan itu Cendekiawan Betawi Alumni Universitas ternama di Indonesia seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Islam Negeri (UIN), Universitasi Ibnu Khaldun (UIK) dan sederet lainnya.

“Baba hanya mengumpulkan saja. Selanjutnya silakan musyawarah. Di luar dugaan, respons teman-teman positif. Undangan hanya via WhatsApp tapi yang kumpul lebih dari 25 orang,” ujar Dahlan didampingi dr. Sobari yang memfasilitasi pertemuan itu.

Kehangatan acara yang digalar mendadak makin terasa saat mantan Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna memberi kata sambutan sebagai tokoh masyarakat Depok yang terkenal humble dan visioner.

“Saya menyambut positif dan pertemuan ini sangat penting,”.

Seusai jeda makan siang dan shalat Dzuhur, penggagas pertemuan menetapkan tim formatur untuk menentukan kepengurusan ICB ke depan. Ada tujuh orang yang disepakati, yakni Syamsul Yakin sebagai ketua, Muhtadin Tyas, Sobari, Saroni, Pradi Supriatna, Zikri D Darmawan dan Acep Azhari masing-masing sebagai anggota.

Dalam sidang tim formatur yang dipimpin Pradi Supriatna disetujui Syamsul Yakin sebagai Ketua Umum ICB. Syamsul Yakin adalah dosen UIN Jakarta dan anggota Dewan Pakar KOOD, ICMI Depok dan IKADI Pusat.

Dalam sidang tim formatur itu juga disetujui Muhtadin Tyas sebagai Sekretaris Umum dan Acep Azhari sebagai Bendahara Umum. Keduanya adalah doktor bidang ekonomi. Sementara Pradi, Sobari, Nina Susana dan Ahmad Dahlan menjadi Dewan Penasihat ICB.

“Kami akan bekerja sama dan sama-sama bekerja untuk ICB. Akan dilakukan penyempurnaan kepengurusan sebelum digelar rapat kerja nanti,” ungkap Syamsul Yakin saat sambutan sebagai ketua terpilih.

Dalam bekerja, kata dia, ICB lebih sebagai litbang bagi semua paguyuban Betawi seperti KOOD dan yang lainnya. Hasil kajian ICB nantinya diharapkan dapat dipertimbangkan untuk diimplementasikan.

Cendekiawan yang tergabung dalam ICB berasal dari Depok, Bekasi, Jakarta, dan Tangerang. n Rahmat Tarmuji

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button