HeadlinePendidikan

Forum Taman Bacaan Masyarakat Dorong Minat Masyarakat untuk Menulis

Laporan: Rahmat Tarmuji
Mengawali tahun 2021 dengan kegiatan literasi, Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kota Depok mengadakan Kuliah Umum “Menulislah” secara online sebagai rangkaian dari program kerja ODM (Orang Depok Menulis) 3.0.

Menulislah merupakan ajakan dari FTBM untuk warga Depok dan sekitarnya. Menulis sederhana sesuai pengalaman masing-masing. Dengan harapan kelak rekam jejak tulisan akan bermanfaat bagi Kota Depok.

Ketua FTBM Kota Depok, Kak Ciptadji Syamsul Balad mengatakan, literasi umumnya dinilai bermula dari kebiasaan baca tulis.

“Namun apabila ditelaah lebih jauh, tidak semua orang dewasa sudah memiliki minat baca tulis. Maka gerbang literasi sebenarnya bisa masuk dari mana saja, kegiatan apa saja. Kami mencoba belajar literasi digital selama pandemi misalnya, pada ujungnya justru kegiatan itulah yang membangun minat baca tulis kita,” ujarnya.

FTBM Kota Depok, kata dia, mengambil peran untuk memfasilitasi masyarakat Depok dan sekitarnya untuk mengenal lebih banyak tentang literasi di Festival Literasi Depok 2020, lalu dilanjutkan dengan ODM (Orang Depok Menulis) 3.0 yang bertemakan ‘Menciptakan Ketahanan dalam Keluarga di Kota Depok’ untuk 30 penulis antologi.

“ODM 3.0 ini diharapkan bisa menjadi wadah masyarakat Depok untuk belajar, berkarya, berkolaborasi dan berkontribusi nyata pada bidang literasi,” paparnya.

Dalam kesempatan ini, FTBM Depok mengundang Nyuwan Susila Budiana, penulis dan penerbit untuk memberikan materi pelatihan menulis.

“Melalui kuliah umum, Pak Nyuwan menegaskan agar kita menguatkan niat, mempertanyakan kembali apa kita mengetahui dan benar-benar mau mewujudkan keinginan kita. Itulah yang menjadi motivasi dalam menyelesaikan tulisan,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, FTBM Depok senantiasa didukung oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok. Namun, kali ini Dinas Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Keluarga (DPAPMK) juga turut mengapresiasi gerakan literasi menulis buku antologi ‘Membangun Ketahanan dalam Keluarga di Kota Depok’ ini.

“Insya Allah akan diberikan hadiah untuk peserta terbaik. Semoga sinergi dan kerjasama yang sudah baik ini akan menghasilkan suatu perubahan besar untuk gerakan literasi di Kota Depok,” pungkas Nessi Anisa Handari, Kepala DPAPMK Depok. n

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button