CoorporateHeadline

Memasuki Musim Penghujan, PT Tirta Asasta Depok Minimalisir Tingkat Kekeruhan Air

Sukmajaya | jurnaldepok.id
Manajemen PT Tirta Asasta Kota Depok terus melakukan berbagai upaya untuk menjaga kualitas air agar tetap bersih dan higienis meski di musim penghujan.

“Memasuki musim hujan kami banyak melakukan pembersihan jaringan serta pengecekan kualitas air,” ujar Sudirman, Direktur Operasional PT Tirta Asasta Kota Depok, kemarin.

Ia menjelaskan, saat memasuki musim penghujan, tentunya akan berdampak pada tingkat kekeruhan air di Kali Ciliwung.

“Pengolahan air baku sebetulnya kami lakukan secara komperhensif, karena ada batas toleransi tingkat kekeruhan, terlebih jika sudah di atas 3.000 NTU, maka air hanya bisa diproduksi 30 persennya saja,” paparnya.

Namun begitu, lanjutnya, dikarenakan kapasitas pengolahan air milik PT Tirta Asasta masih tinggi, maka proses pengolahan itu tidak terganggu.

“Jadi, pelayanan ke konsumen tetap berjalan normal dan tidak ada pengurangan distribusi maupun kapasitas pasokan air,” jelasnya.

Ke depan, pihaknya akan menambah filtrasi dengan teknologi underdrain HDPE pada instalasi pengolahan air, agar tingkat kekeruhan dapat terjaga meskipun di musim penghujan.

“Kelebihan dari teknologi ini diantaranya tidak ada pemeliharaan selama umur pakai, pencucian lebih seragam tidak ada zona mati, durasi pencucian bisa lebih lama, air yang digunakan lebih efisien serta kualitas air hasil pengolahan bisa dibawah 1 NTU,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button