HeadlinePeristiwa

Curah Hujan Tinggi, Titik Longsor di Kali Krukut Mulai Bertambah

Limo | jurnaldepok.id
Meningkatnya curah hujan di wilayah Kota Depok dan sekitarnya ditengarai menjadi pemicu meningkatnya jumlah peristiwa longsor terutama bagi kawasan seputar aliran sungai.

Fenomena tersebut juga terjadi pada tebing kawah kali Krukut di wilayah Kelurahan Grogol dan Krukut, Kecamatan Limo dimana terdapat beberapa titik longsor yang belum mendapat penanganan dari Pemerintah.

Saat dikonfirmasi terkait hal ini, Ketua RW 11, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Makmur Ali Siregar mengakui adanya peningkatan jumlah titik longsor tebing kali Krukut, hanya saja dirinya mengaku belum tahu siapa pihak yang berwenang dan berkewajiban untuk menangani masalah longsor di Kali Krukut tersebut.

“Musim penghujan memang rentan memicu terjadinya longsor dan kami melihat di tepi kali Krukut ada beberapa titik longsor baru tapi kami enggak tahu siapa yang berwenang menanggulangi longsor di bantaran Kali Krukut apakah balai besar pengairan pusat atau pemerintah daerah,” imbuhnya.

Makmur mengatakan hanya fokus pada upaya penanganan longsor di saluran air menuju kawah kali Krukut yang juga mengalami longsor.

“Kami fokus mengupayakan perbaikan longsor saluran air dari permukiman kami yang mengarah ke kali Krukut, dan kami sudah mengajukan perbaikan saluran air yang longsor itu pada ajang Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) mudah mudahan bisa terealisasi tahun ini,” kata Makmur Ali Siregar.

Meningkatnya jumlah titik longsor tidak hanya terjadi di tebing kali Krukut namun juga menimpa sejumlah kawasan areal Kali Cabang Barat (KCB) yang berbatasan langsung dengan bibir bidang Jalan Raya Krukut.

Menanggapi hal ini, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, Husin Tohir meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok untuk mengagendakan rencana perbaikan longsor dengan membangun turap di seputar areal longsoran.

“Diwilayah kami masih ada kawasan tebing kali cabang barat yang belum di turap sehingga rentan mengalami longsor, oleh sebab itu kami berharap Dinas PUPR segera membuat turap di tebing kali cabang barat yang belum pernah tersentuh pembangunan turap,” pintanya. n Asti Ediawan

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button