HeadlineLingkungan

Timbulan Sampah di Depok Sehari Mencapai 1.260 Ton, Wakil Wali Kota Ajak ASN Lakukan Pemilahan

Margonda | jurnaldepok.id
Setiap warga Kota Depok membuang sampah sekitar 0,59 kilogram perhari, dimana setiap harinya produksi sampah se Kota Depok mencapai 1.260 ton.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Depok, Abdul Rahman di sela acara HPSN Tingkat Kota Depok.

“Sampah dari warga Kota Depok meliputi sampah rumah tangga, rumah makan, perkantoran dan lainya,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Abra itu mengatakan, sampah yang dihasilkan oleh warga Kota Depok sebanyak 1.260 ton perhari dari jumlah total penduduk 2 juta orang.

“Timbulan sampah per orang itu 0,59 kilogram sampah per hari. Jumlah penduduk Depok mencapai 2 juta orang. Jadi total timbulan sampah kita ada 1.260 ton per hari,” paparnya.

Dia mengatakan, dalam upaya pemilahan sampah mulai dari ASN bisa membantu pengurangan sampah di Kota Depok. Sehingga sampah yang dibuang ke TPA hanya sampah residu.

Selain itu DLHK Kota Depok juga mengoptimalkan Unit Pengolahan Sampah (UPS) di 28 titik tersebar se Depok. Upaya pemilahan ini akan mempermudah dalam hal pengolahan sampah di Depok.

Sementara itu Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, memilah sampah langkah kongkrit untuk penanganan sampah di Depok, meski baru sedikit bisa diolah dengan program pemilahan sampah.

“Kita sudah memulai dengan berbagai komunitas sampah di Kota Depok. Walaupun baru sedikit sekitar lima ton per hari bisa diatasi, tapi sudah kita mulai,” tuturnya.

Jadi, lanjutnya, memilah sampah ini harus bergerak dengan kesadaran warga Kota Depok mulai di rumah, perkantoran baik swasta dan pemerintah.

“Gerakan dari rumah dan perkantoran (untuk memilah sampah) yang menjadi gerakan awal menurut saya. Sehingga bisa mengurangi volume sampah terutama plastik,” pungkasnya. n Aji Hendro

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button