PT Tirta Asasta Pasang 1.000 AMR, Pelanggan Bisa Kontrol Pemakaian Air Secara Online

167
Automatic Meter Reading yang kini bisa diakses secara online

Laporan: Rahmat Tarmuji
PT. Tirta Asasta Depok (Perseroda) terus melakukan inovasi dalam berbagai aspek demi menaikan kualitas layanan terhadap pelanggan.

Seperti baru-baru ini, PT Tirta Asasta Depok (Perseroda) yang bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia meluncurkan program yang bernama Automatic Meter Reading (AMR).

Dalam kerja samanya ini PT Tirta Asasta Depok (Perseroda) dan PT Telkom Indonesia telah melakukan piloting Automatic Meter Reading kepada 1.000 pelanggan di Perumahan Bukit Sawangan Indah (BSI) Kota Depok yang sudah berlangsung pada Juni tahun lalu.

Baru-baru ini pada Kamis (9/2) bertempat di Aula Kantor Pusat, PT Tirta Asasta Depok (Perseroda) mendapat kunjungan dari Perumda Tirta Hidayah Bengkulu dan Telkom Witel Bengkulu. Kunjungan ini guna membahas tukar ilmu tentang akurasi dari Automatic Meter Reading.

Rangkaian acara kegiatan tersebut dihadiri oleh Senior Manager Bidang Distribusi & Layanan Teknik, Asep Wardana Wahyu.

Dalam kesempatan itu Asep menyampaikan beberapa uraian tentang perihal masalah akurasi dari Automatic Meter Reading.

“Perihal keakurasian dari Automatic Meter Reading yang telah diuji coba berdasarkan hasil piloting kepada 1.000 pelanggan mencapai persentase 97%. Tetapi sisanya bukan berarti tidak akurat, yang membuat tidak akurat dari Automatic Meter Reading sendiri adalah adanya rumah yang tidak berpenghuni serta adanya pergeseran alat pengecekan air yang tidak disengaja,” jelas Asep.

Ia menambahkan, dengan Automatic Meter Reading pihaknya juga bisa mengetahui secara realtime berapa penggunaan air oleh pelanggan dan pelanggan juga bisa memantau langsung secara realtime melalui aplikasi.

Dengan diadakannya program tersebut, kata dia, tak lain untuk meningkatkan pelayanan dan menerapkan teknologi di dalam era industri 4.0 dimasa kini.

“Kami berharap program yang kami piloting kepada 1.000 pelanggan ini berhasil maka kedepannya program ini akan diperluas lagi cakupannya. Pelanggan juga bisa memonitoring pemakaian air melalui mobile app dan dipantau secara realtime bila sewaktu-waktu pelanggan ada yang komplain tentang adanya peningkatan konsumsi yang tidak logis,” pungkasnya. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here