Mudik Lebaran, Hari Ini Penumpang Kereta Whoosh Alami Lonjakan! Segini Jumlahnya

64
Kereta Cepat Whoosh saat melintas dalam operasional.

Jakarta | jurnaldepok.id
Peningkatan penumpang Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mulai terjadi hari ini, Jumat (28/03/25) atau H-3 Lebaran. KCIC sudah melihat adanya peningkatan jumlah penumpang di seluruh stasiun Whoosh. Diprediksi jumlah penumpang hari ini akan mencapai 18.000 hingga 20.000.

“Angka tersebut meningkat jika dibandingkan hari kemarin yang berkisar di 16 ribu penumpang per hari,” ujar Eva Chairunisa, Corporate Secretary PT KCIC dalam keterangan resminya, Jumat (28/03/25).

Ia menambahkan, KCIC memproyeksikan jumlah penumpang Whoosh selama angkutan Lebaran akan meningkat hingga 30% atau mencapai hingga 24 ribu penumpang per hari.

Sebagai perbandingan, pada hari kerja biasa, jumlah penumpang Whoosh berkisar antara 16 ribu hingga 18 ribu per hari.

“Sedangkan pada akhir pekan bisa mencapai 18 ribu hingga 21 ribu penumpang per hari,” ujarnya.

Adapun peningkatan volume puncak untuk keberangkatan dari halim menuju bandung dan sebaliknya diperkirakan akan terjadi mulai tanggal 2-11 April 2025.

KCIC mengingatkan seluruh penumpang untuk segera melakukan pemesanan tiket melalui kanal online yaitu aplikasi Whoosh, website ticket.kcic.co.id, Access by KAI, Livin’ by Mandiri, BRImo, Wondr by BNI, Tiket.com, maupun secara offline di loket dan vending machine di stasiun.

“Selama masa angkutan Lebaran, yang berlangsung dari 21 Maret 2025 hingga 11 April 2025 atau H-10 hingga H+10 Lebaran, KCIC mengoperasikan 1.346 KA dengan total kapasitas mencapai 808 ribu tempat duduk,” paparnya.

Dikatakannya, setiap harinya KCIC mengoperasikan sebanyak 62 jadwal perjalanan Whoosh dengan headway setiap 30 menit. Jumlahnya meningkat 20% dibandingkan angkutan lebaran 2024 dimana KCIC mengoperasikan sebanyak 52 perjalanan Whoosh per hari.

“Untuk memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan Whoosh, KCIC menugaskan total 530 petugas pengamanan yang tersebar di seluruh stasiun dan jalur kereta. Petugas ini merupakan gabungan dari personel keamanan internal KCIC, TNI, dan Polri. Selain itu, KCIC juga menugaskan sebanyak 50 petugas Passenger Service Mobile yang siap membantu pelayanan penumpang di berbagai stasiun Whoosh,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here