HeadlinePasar

Mulai 1 Juni, Pangkalan dan Agen Gas 3 Kg Wajib Terapkan MAP

Sukmajaya | jurnaldepok.d
Setiap agen dan pangkalan gas berukuran tiga kilogram di Kota Depok pada bulan Juni 2024 sudah menerapkan sistem Merchant Application atau MAP.

SBM PT Pertamina Patra Niaga Regional Bogor, Fadlan menyampaikan itu saat kegiatan Sosialisasi Transformasi Bersubsidi LPG 3 Kg tepat sasaran di PT Raja Gas, Sukmajaya.

Dia mengatakan, pada 1 Juni 2024 bahwa setiap agen distribusi sudah melakukan pencatatan konsumen menggunakan sistem yang disebut Merchant Application atau MAP.

Penerapan pembelian melalui pendataan warga pada sistem berbasis web yakni melalui Aplikasi Merchant App Pertamina ini sendiri memang sudah direncanakan oleh PT Pertamina yang akan mulai diterapkan pada 1 Januari 2024 ini.

“Kalau di Pangkalan kita sudah siap 100 persen menerapkan Merchant App untuk membeli Gas Elpiji. Karena sistem ini sudah sejak bulan Juni 2023 sudah mulai kita laksanakan,” katanya.

Kebijakan Pertamina untuk menerapkan aturan pendistribusian LPG 3kg ini dilakukan agar subsidi yang diberikan oleh pemerintah bisa tepat sasaran

“Kami rasa dengan sistem ini lebih tepat sasaran untuk pendistribusian. Karena melalui Merchant App hanya berlaku bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah saja,” ujarnya.

Melalui Aplikasi Merchant App ini nantinya, selain identitas warga yang bisa membeli gas 3kg, juga sudah tertera dengan harga sesuai ketetapan.

“Aplikasi Merchant App juga sudah tertera dengan harga gas. Ini berlaku untuk yang beli di Pangkalan. Melalui aplikasi ini juga masyarakat bisa membeli Gas lebih dari satu, tidak ada batasan, yang penting terdaftar di aplikasi,” ungkapnya.

Sementara itu H Yahman Setiawan dari Raja Gas menambahkan, saat ini penerapan sistem MAP belum ditemukan kendalan di lapangan.

“Ya wajar jika ada kendala di lapangan, kan namanya sistem baru. Mudah-mudahan kedepannya sudah terbiasa,” pungkasnya. n Aji Hendro

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button