HeadlineKeagamaan

Warga Depok Serempak Baca Yasin 3 Kali, Ini Makna dan Khasiat Air Nisfu Sya’ban

Sawangan | jurnaldepok.id
Warga di wilayah Sawangan dan Depok pada umumnya, malam ini serempak menyelenggarakan Nisfu Sya’ban, baik di musolah maupun di masjid-masjid.

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, KH Syamsul Yakin mengatakan, ada empat keutamaan malam Nisfu Sya’ban.

Pertama, kata dia, hadits tentang keutamaan malam Nisfu Sya’ban diriwayatkan oleh Ahmad, Turmudzi, Ibnu Majah, Baihaqi. Bahkan Ibnu Hibban memasukkannya sebagai hadits shahih, demikian seperti diungkap oleh Imam Ibnu Rajab dalam kitab Latahif Al-ma’arif.

Kedua, sambungnya, para tabiin dari penduduk Syam, seperti Khalid bin Mi’dan memuliakan malam Nisfu Sya’ban dengan memperbanyak ibadah.

Ketiga, dirinya tidak menemukan ajaran tentang air mustajab/mujarab Nisfu Sya’ban. Namun jika dirinya tidak menemukan bukan berarti orang lain tidak menemukan, dan diyakini air tersebut membawa manfaat.

“Keempat, yang saya temukan adalah keterangan Imam Syafii yang mengatakan bahwa ada lima malam dimana doa dikabulkan, salah satunya malam Nisfu Sya’ban, hal itu seperti diungkap Imam Ibnu Rajab,” katanya.

Sementara itu, puluhan jamaah Musolah Al Hidayah, Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan, memulai malam Nisfu Sya’ban dengan Shalat Magrib berjamaah.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pembacaan Surah Yasin yang dipimpin oleh Ust Ali Damanhuri sebanyak tiga kali.

Dimana dalam doanya, Ali memimpin jamaah memohon kepada Allah SWT agar diberikan kesehatan dan panjang umur, dimurahkan rizki serta dikuatkan iman Islam.

Dalam kesempatan itu, masing-masing jamaah musolah serempak membawa air minum dari rumah masing-masing. Konon, air tersebut akan membawa manfaat dan berkah dari Allah setelah dibacakan surah Yasin sebanyak tiga kali.n Rahmat Tarmuji

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button