HeadlinePemilu

Ditarget 7 Hari Selesai, KPU Beri Upah Pelipat Surat Suara Rp 500 per Lembar

Laporan: Aji Hendro
Pelipatan kertas surat suara Pemilu 2024 dimanfaatkan warga untuk mendapatkan cuan alias honor pelipatan dengan harga Rp 500 perlembar.

Berdasarkan pantauan di gudang KPU Depok di Jalan Raya Bogor, Cibinong Kabupaten Bogor, warga sudah berkumpul di depan pintu masuk gudang penyimpanan logistik KPU Depok. Mereka mengantre masuk ke dalam gudang KPU untuk melipat surat suara Pemilu 2024.

Salah satu warga yang mencari cuan pelipatan surat suara, Agung kepada wartawan mengatakan, sebelum datang ke gudang KPU dirinya mendapatkan ajakan menjadi petugas pelipatan surat suara.

“Ada yang menawari ke saya mau ikut sortir surat suara, ya saya mau. Lumayan buat tambahan hari-hari,”katanya.

Dia menambahkan, dirinya pertama kali menjadi tenaga honorer sortir lipat surat suara. Dia baru keluar dari pekerjaanya sebagai teknisi televisi digital sepekan sebelumnya sehingga butuh uang untuk menghidupi keluarganya.

Warga lainnya, Rojak mengatakan, sehari-hari hanya bekerja serabutan. Dia mencari informasi ke KPU Depok soal kebutuhan tenaga honorer untuk sortir lipat surat suara.

“Saya sampai tanya ke kantor KPU Depok di Margonda, saya sih baru pertama, tapi keponakan sudah pernah sebelumnya,” tandasnya.

Ketua KPU Kota Depok, Willi Sumarlin mengatakan, honor yang diberikan untuk mereka yang bertugas melakukan sortir dan lipat surat suara DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota sebesar Rp 500 per lembar.

“Sedangkan untuk surat suara Presiden dan Wakil Presiden senilai Rp 350 per lembar,” katanya.

Untuk sortir dan lipat surat suara dilakukan untuk empat surat suara yaitu DPD, DPR, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

“Untuk mengurangi space yang ada di gudang ini, nanti masih ada beberapa bilik surat suara kita geser ke kecamatan. Targetnya kita selesai dalam waktu tujuh hari,” pungkasnya. n

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button