HeadlinePemilu

Datang Sesuai Tahapan, KPU Depok Terima 534.909 Segel Pemilu

Margonda | jurnaldepok.id
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok mulai menerima pasokan logistik untuk penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Keuangan, Umum dan Logistik pada Sekretariat KPU Kota Depok, Muhammad Nuh Ismanu mengatakan, ratusan ribu segel pemilu telah didistribusikan pada awal November 2023.

“KPU Kota Depok telah menerima logistik Pemilu Tahun 2024 di Gudang KPU Kota Depok berupa Segel Pemilu sebanyak 534.909 pada Selasa, 7 November 2023,” ujarnya.

Dia menuturkan, logistik Pemilu 2024 itu mengacu pada jenis kebutuhan logistik sebagaimana tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 14 Tahun 2023 tentang perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya dan perlengkapan pemungutan suara lainnya dalam pemilihan umum, dan perubahannya yaitu PKPU Nomor 16 Tahun 2023.

Dia merincikan, kebutuhan logistik untuk Pemilu 2024 di Kota Depok terdiri dari 27.872 kotak suara, 22.280 bilik suara dan 11.140 tinta. Kemudian 534.909 segel pemilu hingga 144.820 segel plastik.

“Ini merupakan bagian dari pengadaan kebutuhan logistik tahap I di lingkungan KPU Kota Depok untuk Pemilu 2024. Setelah segel pemilu, selanjutnya KPU Kota Depok akan menerima kotak suara. Kemudian, KPU Kota Depok juga akan menerima tinta dan segel plastik. Nantinya, logistik itu akan digunakan sebagai tanda bagi pemilih yang telah menggunakan hak pilihnya,” paparnya.

Nuh memastikan, tidak ada keterlambatan dalam pendistribusian logistik Pemilu 2024 dan seluruhnya dilakukan sesuai jadwal.

“Penerimaan logistik tersebut sesuai jadwal, yaitu November 2023 yang merupakan hasil pengadaan yang dilakukan oleh KPU Provinsi Jawa Barat, kecuali untuk segel plastik yang dilaksanakan oleh KPU Kota Depok,” ungkapnya.

Kini, lanjutnya, KPU Kota Depok tengah melakukan persiapan untuk pengadaan kebutuhan logistik tahap II seperti melakukan pendataan, perhitungan kebutuhan serta menunggu arahan teknis proses pengadaan.

“Pengadaan kebutuhan logistik tahap II termasuk surat suara, formulir untuk berita acara dan atau sertifikat, daftar pasangan calon serta perlengkapan pemungutan suara berupa alat untuk mencoblos pilihan,” jelasnya.

Dia menuturkan, dalam tahap tersebut, logistik yang akan dikirimkan itu termasuk dukungan perlengkapan lainnya. n Aji Hendro

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button