HeadlinePeristiwa

Awas! Modus Pembeli Menggunakan Bukti Transferan Palsu, Ini Terjadi di Depok

Cimanggis | jurnaldepok.id
Aksi penipuan pembayaran dengan modus transfer dari salah satu bank berhasil digagalkan oleh seorang pedagang di kawasan Cimanggis Kota Depok. Aksi penipuan dengan modus bukti transferan palsu itu viral di media sosial.

Dari video yang diterima awak media, pelaku mencoba menipu dengan modus memberikan bukti transfer palsu untuk membeli laptop. Tampak pelaku berjumlah dua orang, yakni pria dan wanita.

Terlihat pelaku wanita mengenakan baju berwarna putih bergaris, bermasker dan memakai topi. Sedangkan pelaku pria mengenakan helm dengan kemeja lengan pendek.

Tampak saat pelaku pria meninggalkan lokasi, pelaku wanita pun sedang beradu argumen dengan penjaga setelah menunjukkan bukti transfer. Namun tak lama kemudian, pelaku wanita pergi dari lokasi toko.

Penjaga toko, Surya mengatakan, peristiwa itu berawal saat ada dua orang pembeli datang ke kiosnya untuk membeli laptop. Dia mengaku sudah curiga saat pelaku ingin membeli laptop. Sebab, pelaku tak ingin mengecek spesifikasi laptop dan tidak bernegosiasi soal harga laptop.

“Terus dia langsung kayak mau langsung bayar, transfer. Terus waktu dia mau kasih bukti transfer yang pertama, itu cuma nominal angka, ‘sudah saya transfer ya, Mas’, itu sudah ditransfer? ‘Udah’,”katanya.

Surya mengatakan, saat dia cek mutasi, pelaku wanita terlihat bingung saat ditanyai atas nama bukti transfer. Pelaku berusaha menyibukkan diri bermain HP saat ditanya untuk dibuatkan nota pembayaran.

“Terus dia kasih tunjuk bukti transfer kedua. Terus saya cek mutasi lagi, belum masuk juga. Terus saya minta fotonya deh, buat laporan toko. Terus dia ‘Boleh boleh’ saya foto itu bukti transfernya,” jelasnya.

Setelah curiga soal bukti transfer, dirinya menyebut pelaku bergelagat ingin buru-buru untuk pergi membawa laptop. Namun dia menahan pelaku untuk membawa laptop sebelum uang masuk ke rekening toko.

“Dia pokoknya nanya-nanya terus, saya mulai curiga, saya mulai inisiatif manggil teman di sebelah buat jaga-jaga. Teman langsung ke sini, waktu teman ke sini, si (pelaku) cowoknya itu langsung pergi ke motor. Tapi mouse sudah dibawa sih, tapi enggak apa-apalah mouse, langsung dia masukkan ke tas,” ungkapnya.

Beruntung, aksi itu bisa digagalkan karena dirinya curiga dengan bukti transaksi seperti editan. Surya hampir saja tertipu oleh pelaku yang ingin membeli laptop merek Lenovo seharga Rp 3,8 juta.

Dia menambahkan bukti transferan diduga editan salah satu bank. n Aji Hendro

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button