HeadlinePemerintahan

Wujudkan Satu Data di Seluruh Perangkat Daerah, Setda Depok Kuatkan Kelembagaan Statistik

Laporan: Rahmat Tarmuji
Asisten Adminitrasi dan Umum (Adum) pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Nina Suzana secara resmi membuka kegiatan Forum Satu Data Kota Depok Tahun 2023.

Dalam kegiatan tersebut, Nina menyebut, perlu adanya penguatan kelembagaan statistik, karena satu data menjadi modal untuk proses pengambilan kebijakan dan ini perlu dukungan semua pihak.

“Kami meminta seluruh Perangkat Daerah (PD) untuk berkomitmen dalam mewujudkan satu data. Data menjadi acuan untuk perencanaan sampai kepada tahap evaluasi yang berkualitas dan efektif. Jadi, perlu dukungan semua pihak,” ujarnya usai kegiatan Forum Satu Data Kota Depok Tahun 2023 di Wisma Hijau, Rabu (11/10/23).

Dikatakannya, setiap PD juga wajib melakukan update data dan informasi. Mengingat, data ini akan digunakan untuk berbagai kepentingan salah satunya pengambilan kebijakan atau keputusan.

“Pada saat PD tidak meng-update data dengan baik, maka akan berpengaruh kepada kebijakan-kebijakan terutama pengganggaran. Data yang diinput pada masing-masing dinas bisa menjadi dasar perencanaan agar bisa kami sesuaikan dengan kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD),” ucapnya seperti dilansir berita.depok.go.id.

Dikatakannya, bahwa Depok sedang melangkah dengan satu data dan tidak bisa lepas dari dukungan Perangkat Daerah.

“Tidak bisa hanya satu dan dua unit kerja saja. Semuanya harus support, sehingga cita-cita satu data benar-benar terealisasi,” tutupnya. n

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button