HeadlinePendidikan

Atasi Krisis Energi, Mahasiswa Gunadarma Rancang Mobil Listrik

Laporan: Aji Hendro
Mahasiswa Universitas Gunadarma berhasil merancang mobil listrik versi kearifan lokal. Kendaraan roda empat ini digadang-gadang mampu menyaingi produk ternama seperti Tesla.

Rektor Universitas Gunadarma, Prof ES Margianti mengatakan, mobil listrik berlabel UG Eve ini adalah besutan mahasiswa dibawah bimbingan dosen.

“Inovasi itu merupakan bukti nyata dari keprihatinan Universitas Gunadarma terhadap krisis energi di Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, inovasi ini diklaim selaras dengan program pemerintah tentang ramah lingkungan.

“Dalam kondisi ini Universitas Gunadarma sebetulnya ikut prihatin dengan masalah kekurangan energi, sehingga kami mengupayakan untuk memanfaatkan berbagai hal berkaitan dengan energi baru dan terbarukan,” paparnya.

Pihaknya mengaku sengaja memilih untuk merancang mobil listrik karena alat transportasi mobil paling banyak menghabiskan bahan bakar.

“Sudah saatnya, zamannya mobil listrik. Jadi Gunadarma mencoba mengkonversikan yang ada itu ke arah energi listrik,” tuturnya.

Adapun mobil yang disulap menjadi kendaraan listrik itu yakni jenis Toyota Soluna keluaran tahun 90-an.

Margianti mengatakan, UG Eve adalah awal dari inovasi mobil listrik rancangan Gunadarma dan kemungkinan itu akan terus dikembangkan.

“Kami kira ini baru pembuka saja, tapi kalau listrik terbarukan bisa dari arah mana saja. Jadi berangkat dari kepedulian karena kondisi energi kami harus mencari mana yang baru dan terbarukan,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Penanggung Jawab Perencanaan dan Pengembangan UG Technopark, Prof Budi Hermana menjelaskan, bahwa UG Eve ini adalah konversi dari desain lamanya mobil-mobil berbagai merek.

“Kalau mobil lama dengan energi fosil itu kan polusinya luar biasa,” tadasnya.

Disisi lain, lanjutnya, jika semua produsen ataupun semua pengembang mobil listrik akhirnya membuat desain baru dan sebagainya, maka akan banyak mobil lama di Indonesia yang akhirnya mubazir.

“Indonesia terkenal populasi mobil dan motornya yang luar biasa. Nah bagaimana mobil yang katakan sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi dengan body yang sementara, dikonversi menjadi kendaraan listrik. Ya itu memang menjadi salah satu keunggulan kami,”katanya.

Sebagai informasi, mobil listrik rancangan Gunadarma ini diklaim lebih efisien karena pengisian dayanya bisa dilakukan di rumah. n

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button