HeadlinePeristiwa

Polisi Sebut Sepanjang Januari Hingga Agustus 2023, 443 Orang Tewas Kecelakaan Lalu Lintas

Margonda | jurnaldepok.id
Pelaksanaan Operasi Zebra Jaya 2023 di jajaran Satlantas Polres Metro Depok, sebagai langkah menurunkan angka kecelakaan. Berdasarkan data, selama tahun 2023 terjadi 8.254 kasus dengan 443 orang meninggal dunia.

Kasat Lantas Polres Metro Depok, Kompol Multazam Lisendra mengungkapkan, data periode Januari hingga Agustus 2023, telah terjadi 8.254 kasus dan menyebabkan 443 orang meninggal dunia.

“Melalui operasi Zebra 2023 ini kami kedepankan upaya preemtif, anggota lakukan upaya sosialisasi kesadaran tertib berlalu lintas ke masyarakat,” ujarnya.

Dia menuturkan, tiga hari operasi Zebra Jaya digelar, anggotanya melakukan sosialisasi mengenai target Oprasi Zebra Jaya di beberapa titik yakni terminal, sekolah dan pangkalan ojek online.

Dia menambahkan, penyuluhan juga dilakukan di terminal angkutan umum Pasar Pucung (Depok), Pangkalan Ojek Online Margonda, berupa membagikan brosur berisi sasaran Ops Zebra Jaya terlebih juga membagikan masker mengingat polusi udara yang cukup tinggi.

“Imbauan kami juga berikan di 23 titik tersebar di wilayah Depok. Yaitu dengan memberikan informasi videotron di jalan protokol di Jalan Margonda, Jalan Juanda, dengan maksud para pengguna jalan paham tentang sasaran sasaran target Operasi Zebra Jaya 2023,” katanya.

Sementara untuk penindakan berupa teguran simpatik dan tilang, ia menilai sebagai upaya terakhir dengan mengedepankan tilang elektronik (ETLE), berbentuk imbauan, teguran atau peringatan bagi pelanggar.

“Berdasarkan data periode Januari hingga Agustus 2023, bahwa telah terjadi 8.254 kasus dan menyebabkan 443 orang meninggal dunia,” jelasnya.

Multazam berharap operasi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas.

“Harapan kami, masyarakat tertib akan berlalu lintas dan sadar bahwa keselamatan itu penting,” harapnya.

Dikatakannya, setiap saat anggotanya turun ke jalan untuk mengingatkan dan memberikan imbauan masyarakat tentang keselamatan berlalu lintas dengan kehadiran petugas di lapangan.

“Ini juga dalam rangka mengedukasi, mengajak masyarakat untuk siap tidak melanggar lalu lintas demi keselamatan bersama,” pungkasnya. n Aji Hendro

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button