HeadlineINFRASTRUKTUR

TPA Cipayung Sudah Overload, Pemerintah Pusat Segera Bangun TPS Terpadu di Depok

Margonda | jurnaldepok.id
Pemerintah pusat akan mengucurkan dana sekitar Rp 70 miliar melalui program Improvement of Solid Waste Management to Support Regional and Metropolitan Cities (ISWMP) untuk membangun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Kota Depok. Rencananya pembangunan dilaksanakan pada Oktober mendatang.

Menurut Team Leader National Project Management Consultant (NPMC) – ISWMP, Direktorat Sanitasi, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ria Ismaria mengatakan, TPST yang akan dibangun dapat mengolah sampah 300 ton per hari.

“Dengan hasil produk berupa Refuse Derived Fuel (RDF). Depok saat ini masih tahap desain, kemungkinan selesai di bulan Agustus,” ujarnya, Kamis (22/06/23).

Kemudian, sambungnya, akan dilanjutkan ke proses lelang pada bulan September. Jika semua berjalan lancar, maka bulan Oktober sudah dimulai pembangunan.

“Pembangunan diperkirakan selesai dalam waktu delapan bulan, maka akan selesai di bulan Mei atau Juni tahun depan,” katanya seperti dilansir berita.depok.go.id.

Ia berharap, dengan hadirnya TPST ini permasalahan sampah di Kota Depok dapat segera teratasi.

“Jadi, dengan adanya TPST ini, Pemkot Depok sudah bisa melakukan pengolahan sampah di sumbernya, sehingga yang masuk ke TPA Cipayung semakin sedikit,” tutupnya. n Rahmat Tarmuji

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button