HeadlinePemilu

KPU Tutup Verifikasi Dokumen Bacaleg, Jika Berkas Tak Lengkap Akan Dikembalikan

Margonda | jurnaldepok.id
Dokumen Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) masih diperiksa oleh petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok.

Ketua KPU Depok, Nana Shobarna mengatakan, para bacaleg DPRD kota yang sudah diajukan 17 partai politik di Kota Depok itu tengah dilakukan verifikasi administrasi dokumen.

“Persyaratan bakal calon itu sudah kami lakukan sejak tanggal 15 Mei 2023 sampai dengan 23 Juni 2023,” ujarnya, kemarin.

Di menambahkan, jika kemudian misalnya dijumpai ada dokumen-dokumen persyaratan yang perlu diperbaiki oleh partai politik, akan disampaikan kepada partai politik.

“Kemudian mereka tentu diwajibkan untuk menyiapkan dokumen perbaikan tersebut dari mulai 26 Juni 2023 sampai dengan 9 Juli. Maka calon yang sudah diperbaiki kemudian setelah itu kami akan lakukan yang namanya verifikasi administrasi,” katanya.

Perbaikan dokumen, sambungnya, ada tahapannya sampai dengan 6 Agustus hingga kemudian akan diumumkan calon sementara atau DCS pada tanggal 19 Agustus sampai dengan 23 Agustus 2023.

“Dalam penyampaian ataupun pengumuman yang kami sampaikan itu, kami juga berharap ada masukan dan tanggapan masyarakat atas DCS yang diumumkan. Kapan masukkan dan tanggapan bisa disampaikan, yakni dari tanggal 19 Agustus sampai dengan tanggal 28 Agustus,” jelasnya.

Jadi, kata dia, masyarakat yang ingin mengetahui siapa saja bakal calon yang diajukan oleh partai politik, baru akan diumumkan di 19 Agustus 2023.

“Ada temuan atau tidak tentu yang namanya verifikasi dokumen pasti ada. Misalnya, harusnya mereka menyampaikan mengupload ijazah yang dilegalisir tetapi mereka menguploadnya yang fotocopy,” terangnya.

Atau, lanjutnya, mereka harusnya menyampaikan surat keterangan sehat jasmani rohani dan narkoba.

“Namun dijumpai misalnya ada yang kurang dari salah satu, itu harus dilengkapi. Jadi setiap partai ada yang perbaikan tetapi perbaikannya pada hal-hal yang tidak terlalu spesial,” ungkapnya.

Dia menambahkan, perbaikan ini dilakukan pada saat proses verifikasi.

“Apa nanti setelah diumumkan DCS atau sebelum diumumkan DCS, itu diperbaiki dulu. Jadi yang kami umumkan itu sudah betul-betul sesuai dengan ketentuan,” pungkasnya. n Aji Hendro

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button