HeadlinePeristiwa

Unik, Relawan Info Depok dan Warga Gelar Aksi Demo dengan Camping di TPA Cipayung

Cipayung | jurnaldepok.id
Relawan Info Depok bersama warga melakukan aksi unjuk rasa dengan mendirikan tenda atau camping di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Cipayung.

Salah satu koordinator aksi camping, Adi Suman mengatakan, aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk mengingatkan kepada Pemkot Depok akibat sampah sudah melebihi kapasitas TPA Cipayung.

“Bahkan saat hujan, gunungan sampah tersebut kerap longsor hingga ke pemukiman warga. Sampah juga mengeluarkan aroma tidak sedap,” ujarnya, kemarin.

Aksi tersebut, kata dia, merupakan aspirasi masyarakat dan bentuk kepedulian Relawan Info Depok terhadap kebersihan, kesehatan dan lingkungan sekitar TPS.

“Kami akan melaniutkan langkah perjuangan ini untuk mendorong Kejaksaan Negeri Depok dengan membuatkan laporan atas dugaan korupsi pengadaan 35 UPS (Unit Pengelolaaan Sampah) di Kota Depok yang telah menghabiskan anggaran Rp 17,5 milyar,”katanya.

Lalu, sambungnya, keberadaan dan pemeliharaan 35 UPS tersebut yang tujuannya untuk mengurangi volume sampah di TPA Cipayung.

“Berdasarkan informasi TPA Cipayung memiliki luas 11,2 hektar dan kapasitasnya hanya bisa menampung sampah sebanyak 1,3 juta meter kubik, namun kini tertampung volume sampah 2,5 juta meter kubik,” jelasnya.

Sementara, lanjutnya, Pemkot Depok meminta masyarakat untuk bertanggung jawab bersama mengatasi tumpukan sampah di TPA Cipayung.

Dikatakannya, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok telah mengajukan pembuangan sampah ke TPA Nambo, Kabupaten Bogor. Namun hingga saat ini belum menerima jawaban dari DLHK Kabupaten Bogor.

Aksi tersebut juga dilanjutkan di depan Kantor DLHK Kota Depok guna menyuarakan aspirasi masyarakat. n Aji Hendro

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button