HeadlineKeagamaan

Bismillah…Sabtu Ini Calon Jamaah Haji Asal Kota Depok Mulai Diberangkatkan

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Calon Jamaah Haji (Calhaj) di Kota Depok akan diberangkatkan pada, Sabtu (27/05/23) dalam kloter pertama.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Depok, Yuli Rahmawati mengungkapkan, ada 1.660 asal Depok yang diberangkatkan ke Mekkah tahun ini.

“Mereka terbagi dalam lima kloter keberangkatan. Kloter 10 gelombang satu sebanyak 366 calhaj berangkat, Sabtu (27/05/23), kloter 31 gelombang satu sebanyak 366 calhaj berangkat pada, Minggu (04/06/23),” ujarnya, kemarin.

Lalu, sambungnya, kloter 43 gelombang dua sebanyak 432 calhaj berangkat pada Jumat, (09/06/23).

“Kloter 56 gelombang dua sebanyak 432 calhaj akan berangkat Selasa, (13/06/23), dan kloter 67 gelombang 2 sebanyak 68 calhaj akan berangkat pada, Senin (19/06/23),” paparnya.

Dikatakannya, penetapan kuota haji dengan prioritas lansia yang akan diberangkatkan dari tingkat Provinsi Jawa Barat merupakan kebijakan dari Menteri Agama yaitu dengan tagline ‘Haji Ramah Lansia Tahun 2023’.

“Diharapkan dengan adanya kebijakan ini dapat mengurangi jumlah antrean lansia para calon jamaah haji Indonesia, termasuk di Kota Depok,” katanya.

Ia menambahkan, kuota haji Kota Depok tahun ini adalah 1.660 jamaah, tidak berbeda jauh dari kuota normal sebelumnya yaitu 1.683 jamaah.

“Hal ini salah satunya juga disebabkan jumlah lansia yang ada di Kota Depok relatif sedikit jika dibandingkan dengan kabupaten/kota lain yang ada di Jawa Barat,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Ketua Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (FKKBIH) Kota Depok, Habib Idrus Al Gadri menambahkan, persiapan keberangkatan para calon jamaah haji sudah siap diberangkatkan.

“Alhamdullilah jamaah kami siap, sudah melaksanakan manasik, periksa kesehatan dan lainnya,” pungkasnya. n Aji Hendro

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button