eventHeadline

Lebaran Depok Jilid 5 Tinggal Tiga Hari Lagi! Siap-siap Besok Kita Ngubek Empang, Ini Lokasinya

Bojongsari | jurnaldepok.id
Lebaran Depok Jilid 5 yang akan digelar di Perumahan Candi At Sawangan, Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, tinggal tiga hari lagi.

Rangkain acara akan dimulai esok hari yakni, Senin (15/05/23) dengan gelaran Ngubek Empang di rumah Kepala Dinas DKUM, Dede Hidayat, Kecamatan Bojongsari.

“Lebaran Depok tahun ini diawali dengan kegiatan ngubek empang. Acara ngubek empang ini merupakan tradisi yang dilakukan oleh orang tua kita dulu tiga atau empat hari sebelum lebaran. Ikan yang didapat tak lain untuk menu di hari lebaran,” ujar Jamaludin Marzuki, Wakil Sekretaris Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD), Minggu (14/05/23).

Ia menambahkan, tak semua orang pada zaman dulu mampu untuk membeli daging dikarenakan haragnya mahal. Namun rata-rata orang dulu memiliki empang atau kolam ikan.

“Tiga hari sebelum lebaran mereka sudah ngubek atau bedah empang. Untuk Lebaran Depok tahun ini kami gelar juga ngubek empang esok hari. Hasil ngubek empang itu akan ditampilkan dalam videotron di panggung Lebaran Depok,” paparnya.

Lebaran Depok, kata dia, tak lain untuk mempertahankan budaya dan tradisi orang tua terdahulu khususnya di tanah Betawi.

Ketua Panitia Pelaksana Lebaran Depok Jilid 5, Abdurrahman mengungkapkan, H-3 jelang pelaksanaan persiapan telah mencapai 80 persen.

“Alhamdulillah progresnya cukup baik, saat ini persiapan sudah mencapai 80 persen. Kami siapkan dua panggung super besar di lokasi nanti,” tandasnya.

Lebaran Depok Jilid 5 tahun ini juga akan menampilkan tradisi Nyedengin Baju, Motong Kebo Andil, Pasar Pengabisan dan Rantangan.

Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri mengatakan, Lebaran Depok kini telah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota Depok yang diinisiasi oleh KOOD.

“Tujuan dari Lebaran Depok tak lain agar orang Depok tahu identitas budaya, tahu makanannya dan tahu hal-hal yang dilakukan orang tua kita dulu sebelum lebaran. Kami ingin generasi penerus tahu identitas Depok itu seperti apa,” ungkapnya.

Dikatakannya, Pemerintah dan DPRD Kota Depok memandang perlu Lebaran Depok untuk digelar setiap tahunnya serta menjadi agenda rutin.

“Siapapun wali kota nya nanti, Lebaran Depok harus tetap ada. Karena banyak pelajaran yang dapat dipetik dari kegiatan tersebut,” jelasnya.

Rencananya, Lebaran Depok Jilid 5 tahun ini akan digelar pada 17-20 Mei 2023 di Perumahan Candi At Sawangan, Jalan Raya Ciputat Parung, Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari (samping Mall D’Park Sawangan). n Rahmat Tarmuji

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button