eventHeadline

1.660 Calon Jamaah Haji Asal Depok Siap Diberangkatkan, Ini Biaya Yang Harus Dibayar

Kota Kembang | jurnaldepok.id
Musim haji tahun 2023 Kota Depok mendapatkan kuota sekitar 1.660 jamaah, tidak berbeda jauh dari kuota normal sebelumnya yaitu 1.683 jamaah.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) pada Kantor Kemenag Kota Depok, Yuli Rahmawati kepada wartawan mengatakan, hal ini salah satunya juga disebabkan jumlah lansia yang ada di Kota Depok relatif sedikit jika dibandingkan dengan kabupaten/kota lain yang ada di Jawa Barat.

Dikatakannya, penetapan kuota haji dengan prioritas lansia yang akan diberangkatkan dari tingkat provinsi Jawa Barat merupakan kebijakan dari Menteri Agama yaitu dengan tagline, Haji Ramah Lansia Tahun 2023.

“Diharapkan dengan adanya kebijakan ini dapat mengurangi jumlah antrean lansia para calon jamaah haji Indonesia, termasuk di Kota Depok,” ujarnya, kemarin.

Dia menambahkan, batas waktu pelunasan pembiayaan haji yakni pada, Jumat (05/05/23) dan pihaknya mengimbau kepada jamaah untuk segera melunasinya.

“Jamaah sudah ada yang melakukan pelunasan biaya, dan ada juga yang belum melakukan konfirmasi,” paparnya.

Yuli meminta, setiap jamaah untuk melakukan pelunasan haji yang dapat dilakukan di Bank Penerima Setoran-Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) ataupun langsung ke Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok.

Untuk biaya perjalanan ibadah haji yang harus dilunasi oleh jamaah untuk berangkat menunaikan ibadah haji di tahun ini sebesar Rp 49.812.700,26 atau 53% dari total Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

“Bagi jamaah yang sudah melunasi pembayaran namun sempat tertunda keberangkatannya pada 2020, tidak akan dikenakan tambahan biaya pelunasan. Jamaah yang sudah lunas pembayaran pada 2022 membayar tambahan sejumlah masing-masing Rp 9,4 juta dan jamaah yang ada di daftar tunggu 2023, dikenakan biaya pelunasan sejumlah Rp 23,5 juta,” terangnya.

Sementara itu sejumlah petugas di KBIH Pancoran Mas tengah sibuk mengurus para calon jamaah Haji yang akan bertolak ke Mekkah bersama rombongan Safarah Ziarah Haramain Tour and Travel, milik Habib Idrus Al Gadri. n Aji Hendro

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button