eventHeadline

Sekretaris Daerah Sebut Kurang Lebih 50 Persen Penduduk Depok Mudik Lebaran

Margonda | jurnaldepok.id
Aktivitas mudik lebaran tahun 2023 sudah dimulai warga Depok akhir pekan kemarin. Di beberapa terminal dan PO Bus AKAP juga sudah terlihat geliat masyarakat yang ingin pulang kampung ke tanah kelahirannya.

Untuk itu, Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan warga Depok yang ingin pulang kampung.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Depok mengucapkan selamat melaksanakan kegiatan mudik lebaran kepada saudara-saudara, ASN dan masyarakat Kota Depok. Mudah-mudahan diberi kelancaran, keselamatan dan kesehatan dalam perjalanan,” ujar Supian kepada Jurnal Depok, Senin (17/04/23).

Supian juga berpesan kepada warga yang mudik lebaran agar tetap menjaga kewaspadaan terhadap fasilitas maupun barang yang ditinggalkan, baik dari aksi pencurian, kebakaran maupun arus pendek listrik.

Tak hanya itu, pria yang akrab disapa SS juga mengatakan, keselamatan di jalan raya tetap harus menjadi prioritas, terutama terkait kondisi kendaraan yang harus dicek terlebih dahulu sehingga aman di perjalanan.

“Kecepatan kendaraan juga harus terkontrol, jangan terburu-buru. Karena kita ingin bertemu keluarga di kampung halaman dalam kondisi sehat wal afiat. Begitu juga keluarga di kampung menunggu dengan kondisi yang selamat,” paparnya.

Supian juga menunggu agar warga yang pulang kampung dapat kembali lagi ke Depok khususnya para ASN, karena mereka (ASN,red) memiliki tanggungjawab memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami berharap waktu libur dimaksimalkan, dan saat masuk kantor sudah harus masuk kantor tepat waktu,” harapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Pemkot Depok melalui Dinas Perhubungan telah membangun kolaborasi dengan Polres Metro Depok, begitu juga dengan Satpol PP dan Linmas di setiap lingkungan untuk meningkatkan keamanan.

Supian memprediksi, hampir lebih dari 40 persen warga Depok mudik tahun ini dikarenakan pandemic sudah berlalu jika dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Eko Herwiyanto telah mengerahkan seluruh personelnya berjaga di setiap titik lokasi untuk membantu pemudik dan meminimalisir kemacetan di dalam kota.

“Terkait jumlah pemudik, hasil survei potensi pergerakan masyarakat yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan pada libur lebaran 2023 diperkirakan ada kenaikan 44 persen. Tahun sebelumnya 85 juta orang dengan kenaikan tahun ini sebesar 44 persen diperkirakan jumlah pemudik mencapai 123 juta orang, 18 juta di antaranya dari Jabodetabek dengan tujuan terbesar ke Jabar, Jateng dan Jatim. Untuk Depok pasti masuk ke angka yang 18 juta itu,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button