HeadlinePeristiwa

Banyak Aksi Penipuan, Kapolres Depok Minta DKM Masjid Waspada Modus QR Code

Margonda | jurnaldepok.id
Warga dan pengurus Dewan Kemakmuran Masjid di Kota Depok diimbau untuk mewaspadai adanya kejahatan mengganti QR Code pada kotak amal.

Kapolres Metro Depok Kombes, Ahmad Fuady mengimbau masyarakat khususnya Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) untuk mewaspadai modus tersebut.

“Saya Kapolres Metro Depok mengimbau kepada semua masyarakat Kota Depok khususnya para pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) masjid atau musala yang menyediakan barcode dalam menerima amal, infak, sodaqoh atau sumbangan pembangunan masjid atau musala, mewaspadai pelaku kejahatan yang menukar barcode sumbangan atau infak, amal, sedekah dari umat dengan modusnya yang akan masuk ke rekening pelaku,” ujarnya.

Dari itu, ia meminta agar waspada kepada orang yang berniat jahat dengan menukar barcode yang sumbangan atau infak, amal, sodaqoh dari umat akan masuk ke rekening pelaku.

Fuady pun mengajak masyarakat untuk menjaga keamanan di lingkungan masing-masing. Dia juga mengimbau masyarakat segera melapor ke pihak kepolisian terdekat jika menemukan adanya tindak pidana di lingkungannya.

“Ayo kita saling menjaga keamanan di lingkungan kita masing-masing dan segera lapor ke kepolisian terdekat apabila ada tindak pidana di lingkungan anda,” tuturnya.

Sebelumnya, sebuah video yang merekam aksi pria mengganti QR Code pada kotak amal di sebuah masjid di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel) viral di media sosial.

Dari video yang beredar tampak seorang pria berbadan tambun mendekati kotak amal. Ia mengenakan kemeja biru dan celana panjang.

Pelaku membawa sebuah kertas stiker. Ia pun sempat melihat sekeliling sebelum akhirnya menempel stiker itu ke kotak amal yang ada di depannya.

Dari narasi yang beredar, stiker yang ditempel itu adalah QR Code. Pelaku diduga sengaja menempel QR Code di kotak amal. n Aji Hendro

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button