eventHeadline

Diselenggarakan Selama 4 Hari, KOOD Siap Gelar Lebaran Depok Jilid 5 di Wilayah Bojongsari

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Setelah sukses menggelar Lebaran Depok Jilid 4 tahun lalu, Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD) kembali akan menggelar kegiatan serupa di wilayah Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari.

“Alhamdulillah, kami telah menggelar rapat persiapan untuk Lebaran Depok Jilid 5. Kali ini kami akan mengangkat ritual-ritual atau tradisi yang dulu dilakukan oleh orang tua kita jelang lebaran atau hari raya,” ujar H Dahlan, Ketua KOOD Kota Depok, kemarin.

Pertama, kata dia, di Lebaran Depok nanti akan ada tradisi Nyedengin Baju, Ngubek Empang, Motong Kebo Andil, Pasar Pengabisan dan Rantangan.

“Kegiatan itu kami gelar selama empat hari. Ini lebih merawat, mengangkat dan memperkenalkan lagi tradisi-tradisi lebaran orang Depok. Nanti juga kami melibatkan ratusan UMKM, tahun lalu ada 250 UMKM, Alhamdulillah bisa mendongkrak perekonomian dan tentunya ada hiburannya,” paparnya.

Dikatakannya, Lebaran Depok Jilid 5 akan digelar di kawasan Perumahan Candi At Sawangan, Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari.

“Untuk merawat tradisi itu, kami juga akan melibatkan Forkopimda untuk main lenong bareng. Bukan hanya seniman-seniman yang tampil tapi pejabat-pejabat juga harus tampil,” jelasnya.

Ketua Panitia Lebaran Depok Jilid 5, Abdurrahman mengatakan, struktur kepanitiaan sudah terbentuk dan siap bekerja untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah saya dipercaya Pak Wali Kota untuk menjadi ketua panitia dalam perhelatan Lebaran Depok. Kegiatan akan dilaksanakan pada 17-20 Mei 2023,” tandasnya.

Pria yang akrab disapa Abra itu menambahkan, dalam acara tersebut nilai yang diangkat adalah tradisi Lebaran Depok dengan nuansa kekinian.

“Terima kasih kepada Pak Wali, Pak Wakil dan Pak Sekda yang telah mendukung acara ini melalui Dinas Poryata dan OPD lainnya. Kami juga mengajak kepada seluruh stakeholder Kota Depok untuk menyemarakan dan memeriahkan Lebaran Depok tahun ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut Abra mengatakan, Lebaran Depok merupakan momen untuk melestarikan budaya dan tradisi yang ada di Depok.

Namun, kata dia, Lebaran Depok Jilid 5 nanti juga akan diisi dengan keberagaman dan kebhinekaan, dalam rangka menumbuhkan kecintaan terhadap toleransi serta wawasan kebangsaan.

“Semua akan berkolaborasi, termasuk UMKM. Doakan kami sebagai panitia bisa mengemban amanah ini sehingga penyelenggaraan Lebaran Depok sukses,” harapnya.

Pembentukan struktur panitia Lebaran Depok Jilid 5 yang digelar di Rumah Budaya, Pancoran Mas, juga dihadiri oleh masing-masing korwil kecamatan serta kepala OPD. n Rahmat Tarmuji

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button