HeadlineWilayah

DLHK Akhirnya Perintahkan Satpol PP Tutup TPS Liar di Area Lapangan Pemuda Limo

Limo | jurnaldepok.id
Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok akhirnya mengirimkan surat rekomendasi kepada Satpol PP Kota Depok terkait pelaksanaan penutupan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Liar di kawasan kampung Lebong RT 02/05, Kelurahan Limo, Kecamatan Limo.

Surat rekomendasi penutupan kegiatan pembuangan sampah di TPS Liar Limo konon kabarnya sudah diterima oleh pihak Satpol PP Kota Depok namun hingga saat ini belum ada kepastian kapan proses penindakan bakal dilaksanakan.

Komandan Tim (Dantim) Bantuan Kendali Operasi (BKO) Satpol PP wilayah Kecamatan Limo, Tuhanto mengaku sudah siap melaksanakan tahapan penindakan hingga pelaksanaan penutupan areal tempat pembuangan sampah di dekat lapangan sepak bola Pemuda Limo.

“Pada prinsipnya kami Satpol PP BKO Limo sudah siap melaksanakan tahapan penindakan mulai dari pemberian surat peringatan (SP) hingga nanti pelaksanaan penutupan akses masuk kawasan TPS dan penghentian aktivitas didalamnya, namun sampai sekarang belum ada konfirmasi ke kami kapan tahapan penindakan itu bisa kami mulai,” ujar Tuhanto kepada Jurnal Depok, kemarin.

Rencana pelaksanaan penutupan akses menuju lokasi TPS dan penghentian kegiatan pembuangan sampah di TPS disambut baik oleh Lukman Hakim salah satu tokoh muda Limo.

“Kami sangat menghargai keputusan Dinas LHK memberikan rekomendasi penutupan TPS dan segala kegiatan dikawasan TPS, dan kami berharap Satpol PP segera melaksanakan rekomendasi tersebut,” ujar Lukman Hakim.

Dikatakan Lukman, meskipun penutupan akses masuk menuju TPS dan penghentian aktivitas diareal TPS dapat dilakukan secara langsung oleh Satpol PP namun pihaknya bisa memaklumi bahwa penindakan harus melalui tahapan dan prosedur serta mengacu pada aturan main yang berlaku.

“Kalau melihat kondisi tumpukan sampah dilokasi yang sudah sangat memprihatinkan, serta sejumlah pelanggaran aturan yang telah dilabrak oleh para pihak di pusaran bisnis pembuangan sampah di Lebong, maka sebenarnya bisa saja Satpol PP langsung melakukan penutupan karena sebelumnya kawasan itu memang sudah ditutup dan disegel oleh Satpol PP Kota Depok, namun meski demikian kami tidak begitu mempermasalahkan jika penindakan harus dimulai dari awal lagi dengan catatan penindakan dilakukan dengan tuntas sehingga tidak ada lagi celah bagi oknum warga untuk memanfaatkan lahan kosong didekat lapangan sepak bola Pemuda Limo untuk dijadikan tempat pembuangan sampah,” tutup Lukman. n Asti Ediawan

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button