Headlineorganisasi

Maksimalkan Pendapatan di Bulan Ramadhan, DMI Bojongsari Gandeng Baznas Sosialisasi Zakat

Bojongsari | jurnaldepok.id
Untuk memaksimalkan dan melegalkan peran Panitia Zakat Musolah dan Masjid, DMI Kecamatan Bojongsari mengadakan kegiatan Sosialisasi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di Masjid Nurul Huda Bojongsari.

Ketua DMI Kecamatan Bojongsari, Ustad Bahrum mengatakan, kegiatan tersebut dirasa penting apalgi saat ini sudah masuki bulan Ramadhan.

“Artinya kepanitiaan zakat harus sudah dibenahi dengan dibentuknya Unit Pengumpul Zakat (UPZ), baik di masjid dan Musolah, jadi UPZ ini secara legal formal mendapat SK dari Baznas Kota Depok,” ujarnya, kemarin.

Ia menamabhkan, pihaknya akan memaksimalkan program kerja DMI dan masjid-masjid bisa diselaraskan serta dapat bekerja sama dengan pemerintah setingkatnya demi pembangunan masyarakat yang cinta masjid.

“Dengan harapan ada sinergitas kebermanfaatan DMI dalam berkontribusi membangun pengelolaan masjid, demi kemakmuran dan jamaah bisa merasakan manfaatnya (dimakmurkan oleh masjid),” paparnya.

Dikatakannya, aalah satu program di tengah masyarakat diantaranya adalah pengelolaan masjid bersih, ramah anak dan difabel serta menata akuistik masjid.

“Kami berusaha masjid bersih, dan kegiatan umat melalui pemberdayaan jamaah,” katanya.

Komisioner Baznas Kota Depok, KH Encep Hidayat mengucapkan terimakasih kepada DMI Kecamatan Bojongsari atas digelarnya acara tersebut.

“Bagaimana kemudian upaya untuk masjid-masjid ini panitia zakatnya sah menurut syariah dan sah menurut regulasi setelah di SK kan. Alhamdulillah pada malam ini banyak yang kumpul dan sepertinya mereka tercerahkan, sehingganya ada kesadaran bagaimana panitia zakat itu menjadi UPZ yang di SK kan. Insya Allah ini ketika sudah menjadi panitia zakat yang sesuai ketentuan syari’i dan regulasi wilayah kita akan makin berkah,” ungkapnya.

Encep juga menyampaikan, saat ini pihaknya tengah gencar-gencarnya melakukan sosialisasi pengumpulan zakat jelang Idul Fitri baik secara langsung maupun melalui media sosial.

“Jadi masyarakat dapat mengakses terkait informasi-informasi tentang zakat di Kota Depok, tujuannya adalah bagaimana optimalisasi zakat di Kota Depok bisa berhasil. Selain langsung hadir di giat sosialisasi, kami juga sudah merekrut relawan dan ini menjadi bagian dari upaya optimalisasi,” jelasnya.

Ia juga mengapresiasi para peserta yang hadir dan antusias mengikuti sosialisasi tersebut. Selain mengikuti dengan seksama, peserta juga banyak yang bertanya terkait permasalahan zakat yang dijumpai di masyarakat.

Hadir dalam kesempatan tersebut Madsuki, Kasi Pemerintahan Kecamatan Bojongsari, Ketua DMI Kelurahan se Kecamatan Bojongsari dan para ketua serta pengurus DKM yang berada di Kecamatan Bojongsari. n Rahmat Tarmuji

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button