HeadlineTransportasi

Sistem Satu Arah ARH & Dewi Sartika Dihapus, Nusantara Masih Berlaku & Bakal Permanen

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Sistem Satu Arah (SSA) di Jalan Arif Rahman Hakim (ARH) Kota Depok tidak diberlakukan. Pernyataan itu dikatakan langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Eko Herwiyanto.

Kebijakan tersebut diambil berdasarkan hasil evaluasi pihaknya bersama BPTJ, Dishub Provinsi Jawa Barat dan Satlantas Polres Metro Depok sedari dibukanya Underpass Dewi Sartika.

“Pascaoperasional Underpas Dewi Sartika itu telah kami evaluasi, kinerja jalan di sepanjangnya Jalan Nusantara, Arif Rahman Hakim, Margonda, termasuk Jalan Dewi Sartika sendiri,” ujarnya, kemarin.

Dari hasil evaluasi yang dilakukan, kata dia, arus lalu lintas dari Dewi Sartika ke Margonda lancar dan bagus.

“Sedangkan Jalan Nusantara agak buruk kondisinya, sehingga kami ajukan untuk kembali memberlakukan SSA di sana,” tuturnya.

Akan tetapi, sambungnya, untuk Jalan Arif Rahman Hakim tidak akan memberlakukan SSA di jalan tersebut.

“Karena Jalan Arif Rahman Hakim itu bagus, saat ini Nusantara yang lebih jelek dari sebelumnya,” paparnya.

Selain itu, sambungnya, Simpang Ramanda juga sedang dilakukan pembebasan lahan untuk pelebaran jalan, yang tentunya akan meningkatkan arus lalu lintas ke Jalan Arif Rahman Hakim.

“Dari pemerintah ada pembebasan jalan di Simpang Ramanda yang mungkin tahun ini akan dibangun oleh PUPR, tentu itu juga akan meningkatkan kinerja Jalan Margonda Segmen 1 dan Arif Rahman Hakim,” jelasnya.

Atas evaluasi kinerja tersebut, kata dia, pemerintah mengambil kesimpulan bahwa akan mengajukan ke BPTJ agar tetap memberlakukan SSA di Nusantara.

“Sesuai dengan hasil evaluasi kinerja dengan parameter yang ada, maka Jalan Arif Rahman Hakim tetap diberlakukan dua arah seperti saat ini,” katanya.

Dia juga menyebut bahwa Jalan Nusantara dan Jalan Arif Rahman Hakim merupakan jalan nasional sedangkan Dewi Sartika merupakan jalan provinsi.

“Jalan Dewi Sartika itu jalur provinsi, otomatis dengan telah terbangunnya Underpass Dewi Sartika maka SSA di Dewi Sartika sudah tidak berlaku,” terangnya.

Sementara itu salah satu warga, Deni menyambut baik rencana tidak diberlakukannya Sistem Satu Arah di Jalan Arif Rahman Hakim.

“Kalau SSA tidak diberlakukan lagi kita setuju, namun kenapa Jalan Nusantara diberlakukan SSA kami enggak setuju,” pungkasnya. n Aji Hendro

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button