HeadlineWilayah

Sampah Makin Menggunung, Hari Ini Satpol PP Sidak TPS Liar di Area Lapangan Pemuda Limo

Limo | jurnaldepok.id
Komandan Tim Bantuan Kendali Operasi (BKO) Satpol PP wilayah Kecamatan Limo, Tuhanto menegaskan akan melakukan peninjauan terhadap lokasi tempat pembuangan sampah (TPS) liar di area dekat lapangan sepak bola Pemuda Limo tepatnya di wilayah RT 02/05, Kelurahan Limo, Kecamatan Limo yang selama ini dikeluhkan oleh warga sekitar.

“Tadinya kami akan melakukan survey pada, Jumat (24/02/23) tapi karena pada hari itu kami ada giat di Kantor Wali Kota maka peninjauan lokasi TPS liar di Limo kami undur pada, Senin (27/02/23),” ujar Anto sapaan akrab Tuhanto kepada Jurnal Depok, kemarin.

Dikatakannya, peninjauan terhadap lokasi tempat pembuangan sampah dipinggir kali Lebong bertujuan untuk melihat secara langsung kondisi lahan kosong yang selama ini dioptimalkan oleh masyarakat sebagai tempat pembuangan sampah yang kemudian di protes oleh warga sekitar.

“Kalau sudah menyangkut urusan ketertiban masyarakat, tentu kami sebagai aparat Satpol PP harus peka dan cepat tanggap terlebih kelak dalam penindakannya pasti Satpol PP akan dilibatkan oleh Dinas terkait, oleh sebab itu kami sudah merencanakan kunjungan ke lokasi TPS pada hari Senin tanggal 27 Februari,” paparnya.

Tak hanya jajaran Satpol PP, sejumlah anggota DPRD kabarnya bakal mendatangi lokasi TPS Liar di Limo yang sempat menjadi momok pembicaraan warga lantaran keberadaan tumpukan sampah yang berasal dari luar wilayah Depok itu sangat menggangu kenyamanan warga sekitar.

Kepada Jurnal Depok, Koordinator Forum Muda Mudi Limo Bangkit (FMMLB), Lukman Hakim mengaku menyambut baik inisiatif jajaran Satpol PP melakukan survey terhadap keberadaan tumpukan sampah didekat lapangan sepak bola Pemuda Limo.

“Lokasi tempat pembuangan sampah (TPS) liar itu dulu sempat di segel dan ditutup oleh Satpol PP , tapi karena aksi penutupan lokasi tidak ditindak lanjuti dengan penataan kawasan itu maka beberapa tahun belakangan lokasi itu kembali dioptimalkan oleh oknum warga yang mengeruk keuntungan dari aktivitas pembuangan sampah,” papar Lukman Hakim.

Sebelumnya, Camat Limo, Sudadih secara tegas menolak aktivitas pembuangan sampah ilegal di seputar lapangan sepak bola Pemuda Limo pasalnya kata dia selain dapat mencemarkan lingkungan, keberadaan tumpukan sampah di dekat lapangan sepak bola Pemuda Limo dapat menimbulkan banyak masalah yang merugikan masyarakat.

“Tumpukan sampah dalam jumlah besar bisa menimbulkan pencemaran air, polusi udara membuat kawasan menjadi kumuh dan tidak sehat, kami jelas menolak keberadaan TPS Liar itu apalagi kalau sampah yang dibuang dilokasi itu merupakan sampah dari luar wilayah Limo, untuk itu kami setuju jika aktivitas pembuangan sampah dilokasi itu dihentikan,” tegas Sudadih. n Asti Ediawan

 

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button