HeadlineKesehatan

Kadinkes Depok Ajak Pramuka Saka Bakti Husada Sebagai Pelopor Kesehatan

Margonda | jurnaldepok.id
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati berharap keberadaan Gerakan Pramuka Saka Bakti Husada (SBH) mampu menjadi pelopor kesehatan melalui enam krida yang dimilikinya. Yakni Krida Bina Keluarga, Bina Lingkungan Sehat, Penanggulangan Penyakit, Bina Gizi, Bina Obat dan Bina Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

“Untuk mencapai hal tersebut, perlu upaya meningkatkan pemberdayaan saka yang sistematis, terencana dan berkelanjutan. Oleh karena itu, upaya penguatan SBH melalui sosialisasi, pembinaan serta monitoring dan evaluasi tekait SBH ini perlu terus dilaksanakan,” ujar Mary, Senin (20/02/23).

Mary yang juga menjabat sebagai Majelis Pembimbing SBH Kota Depok mengatakan itu saat Sosialisasi Pangkalan SBH Kwartir Cabang Pramuka Kota Depok Tahun 2023, di Aula Lt. 10, Gedung Dibaleka II.

Mary mengatakan, SBH bertujuan mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan yang dapat membantu melembagakan norma hidup bersih dan sehat. Tidak hanya bagi anggota Gerakan Pramuka, tetapi juga masyarakat di lingkungannya.

“Maka, harapan kami adalah SBH dapat menjadi salah satu aktor penggerak pembangunan kesehatan dalam rangka penguatan dalam pencapaian masyarakat yang sehat, bugar dan produktif,” paparnya seperti dilansir berita.depok.go.id.

Selain itu Mary menyampaikan saat ini fokus pembangunan Kesehatan adalah penguatan enam pilar transformasi sistem kesehatan. tujuannya agar sistem kesehatan Indonesia menjadi lebih kuat, lebih baik, dan menjangkau untuk melayani seluruh masyarakat.

“Pilar pertama adalah penguatan sistem pelayanan Kesehatan primer, yang mengutamakan upaya promotif dan preventif,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button