DPRDHeadline

Berguru Cara Meningkatkan Perolehan PBB, DPRD Bangka Barat Kunjungan Kerja ke Depok

Limo | jurnaldepok.id
Komisi II DPRD Kabupaten Bangka Barat, akhir pekan kemarin melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kecamatan Limo, Kota Depok sebagai inisiatif jajaran DPRD Bangka Barat dalam membantu Pemerintah Kabupaten Bangka Barat meningkatkan perolehan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2023.

Ketua Komisi II DPRD Bangka Barat, Herwanto mengatakan dipilihnya Kota Depok sebagai objek kunjungan kerja lantaran Kota Depok dinilai sukses mengelola sumber pendapatan dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan dalam kurun beberapa tahun terakhir.

“Ya, kami pilih Kota Depok sebagai objek kunjungan kerja dalam upaya meningkatkan perolehan PBB dan Alhamdulillah kami mendapat banyak pencerahan dari para aparatur dan stakeholder diwilayah yang kami kunjungi terkait tips meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menunaikan kewajibannya membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB),” ujar Herwanto kepada Jurnal Depok.

Hal senada disampaikan oleh Yuli Sandra anggota Komisi II DPRD Bangka Barat. Dikatakan Yuli, pada prinsipnya potensi pengembangan pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kabupaten Bangka Barat sangat prospektif mengingat sejauh ini masih banyak potensi yang belum dioptimalkan.

“Memang ada beberapa kendala yang kami hadapi dalam upaya mengoptimalkan perolehan PBB diantaranya prihal cakupan wilayah jangkauan yang begitu luas dan terpencar oleh sebab itu kami akan mencoba menggiatkan pembayaran PBB melalui sistem elektronik sebagaimana yang banyak dilakukan oleh wajib PBB di Kota Depok,” papar Yuli Sandra.

Tekad serupa disampaikan oleh Liana Tirta Andalusia anggota DPRD Bangka Barat yang juga ikut dalam kunjungan kerja ke Kecamatan Limo.

“Banyak sekali ilmu yang kami dapat dari kunjungan kerja ke Kecamatan Sukmajaya dan Limo, Kota Depok dan pastinya kunjungan kami kali ini memiliki nilai manfaat sangat besar bagi kami dalam kerangka membantu Pemerintah Kabupaten Bangka Barat menggali potensi PBB guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bangka Barat yang saat ini masih terbilang kecil yakni dengan kisaran 60 hingga 70 miliar,” paparnya.

Menanggapi hal ini, Camat Limo, Sudadih mengaku senang dapat berbagi ilmu terkait upaya meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap kewajiban membayar PBB.

“Melalui aparatur di Kelurahan dan para stakeholder non aparatur kami senantiasa berupaya menggenjot perolehan PBB dengan menerapkan berbagai kemudahan bagi para wajib PBB, hal ini telah diberlakukan oleh Pemerintah Kota Depok diseluruh wilayah Kecamatan dan Alhamdulillah hasilnya sangat mengembirakan,” urai Sudadih.

Selain Camat Limo, Sudadih para Lurah se Kecamatan Limo dan jajaran pengurus LPM juga mendapat kesempatan menyampaikan pengalaman dalam membantu Pemerintah meningkatkan perolehan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

“Senang bisa berbagi pengalaman dengan jajaran DPRD Bangka Barat, mudah mudahan momentum ini dapat memberi manfaat buat kedua belah pihak,” kata Supian Derry selaku Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo. n Asti Ediawan

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button